Thursday, August 28, 2014

Lembar Kegiatan : Obyek dan Persoalan Biologi

Pendahuluan
Berdasarkan struktur keilmuan BSCS yang telah kita pelajari pada bagian terdahulu , kajian biologi meliputi 6 macam obyek, terdiri dari 6 kingdom/kerajaan : Archaebacteria-Eubacteria-Protista-Fungi-Plantae dan Animalia,  9 tema / persoalan, mulai dari biologi sebagai ilmu-Sejarah dan konsep-Keanekaragaman-Strukturdan Fungsi-Kelangsungan Hidup-Interaksi Mahkluk hidup dg lingkungan-Perilaku-Evolusi dan Regulasi dan tingkat organisasi kehidupan dari tingkatan molekul sampai tingkatan yang paling luas yaitu biosfer.

Dalam tingkatan molekul, biologi mengkaji berbagai macam struktur dan cirri molekul yang melakukan reaksi metabolisme di dalam tubuh.Molekul-molekul berinteraksi membentuk sebuah sel. Berbagai macam bentuk dan jenis sel saling berinteraksi membentuk suatu jaringan. Berbagai macam jaringan menyusun suatu organ.Beberapa macam organ organ berinteraksi membentuk suatu system organ. Beberapa sistem organ secara bersama-sama membentuk suatu individu. Beberapa individu sejenis yang berkumpul pada saat dan tempat yang sama membentuk populasi.Interaksi antara populasi satu dengan populasi yang berbeda membentuk komunitas. Komunitas dengan lingkungan abiotiknya membentuk ekosistem. Berbagai ekosistem yang ada membentuk suatu bioma.

Biologi sebagai bagian dari IPA memiliki kekhususan dalam bidang kajiannya. Kajian biologi selalu mencakup obyek-tema/persoalan dan tingkat organisasi kehidupan ( TOK ) tertentu.
Salah Satu contoh kajian biologi adalah kajian tentang “struktur dan fungsi jaringan pada tanaman enceng gondok” dimana sebagai obyek kajian adalah plantae / tumbuhan ( enceng gondok, adalah sejenis tumbuhan ), tema permasalahannya/persoalannya adalah struktur dan fungsi,dan tingkat organisasi kehidupannya adalah jaringan

Tujuan :
-    mendiskripsikan obyek-obyek biologi
-    mendiskripsikan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan

Alat dan Bahan
-    contoh tumbuhan, hewan                    
-    penggaris
-    alat tulis
-    lup / kaca pembesar

Cara  Kerja :
  1. Petiklah selembar daun dan tangkaplah seekor hewan yang mudah ditangkap dan sudah anda kenal.        
  2. Setelah itu observasilah / amatilah cirri-ciri yang dapat  diindera, misalnya tentang : warnanya, bentuk ujung daunnya, bentuk tepi daunnya, tingkat kehalusan/kekerasan, panjang / lebar, pola-pola pertulangan daun ( = untuk daun ), serta ; warna tubuh, pembagian tubuh, alat geraknya, tempat hidupnya/habitatnya, ukuran tubuhnya (= untuk hewan ).       
  3. Kemudian, sajikan hasil observasi anda dalam bentuk gambar lengkap keterangan bagian-bagiannya.       
  4. Buatlah deskripsi mengenai ciri-ciri morfologis dari daun dan hewan yang anda amati !     
Pertanyaan  :
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini !
  1. kegiatan mengamati selembar daun merupakan kajian biologi pada tingkat organisasi kehidupan _____
  2. kegiatan mengamati seekor hewan merupakan contoh kajian biologi pada tingkat organisasi kehidupan _______________
  3. tema atau permasalahan yang dikaji pada kegiatan tersebut adalah ___________________

No comments:

Post a Comment