Saturday, March 9, 2013

Lks Biologi : Hakekat Biologi sbg Ilmu



BAGAIMANA BIOLOGI DIPELAJARI ???

Tentu anda masih ingat betul, bahwa biologi merupakan bagian dari IPA dengan karakteristik tersendiri. Lalu , bagaimana sebenarnya Biologi itu dipelajari ?
Belajar Biologi sebenarnya dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai macam pendekatan, tiga pendekatan yang dapat digunakan dalam mempelajari biologi  adalah :

1.
Pendekatan fakta
Belajar biologi dengan pendekatan fakta berarti kita belajar menghafalkan/mengingat  fakta-fakta. Misalnya : mengingat nama, definisi/ pengertian dll.
2.
Pendekatan Konsep
Belajar biologi dengan pendekatan ini, berarti kita menghubungkan dua fakta atau lebih yang membentuk suatu pengertian. Misalnya : Apakah pernapasan aerobic itu ? Apakah tumbuhan monokotil itu ?
3.
Pendekatan ketrampilan proses
Belajar Biologi dengan pendekatan ini, berarti kita belajar sebagaimana cara para biolog ( ilmuaan Biologi ) menemukan fakta, konsep, hukum maupun teori-teori.Belajar biologi dengan pendekatan ketrampilan proses berhubungan erat dengan tahapan proses yang disebut metode ilmiah yaitu : mengobservasi – mengklasifikasi – menafsirkan – memprakirakan – mengajukan pertanyaan – dan mengidentifikasi variable.
Mengobservasi  adalah mencari gambaran / informasi tentang obyek melalui indera. Hasil observasi dapat dituangkan dalam bentuk gambar, bagan, table, grafik ( balok, lingkaran, garis ) dan tulisan / deskripsi..
Mengklasifikasi berarti kita menggolongkan / mengelompokkan suatu obyek / persoalan berdasarkan persamaan / perbedaan.
Menafsirkan, berarti memberi arti pada suatu fenomena / kejadian berdasar atas kejadian lainnya sebagai patokan / acuan.
Memprakirakan atau memprediksi berarti “meramal’ sesuatu yang akan terjadi berdasarkan kejadian sebelumnya serta hukum-hukum yang berlaku.
Mengajukan pertanyaan sebenarnya adalah merumuskan permasalahan. ( ketidaksesuaian antara harapan dengan kenyataan ), dalam IPA kata tanya yang lazim digunakan dalam merumuskan masalah adalah APA dan BAGAIMANA ? misalnya : Bagaimana pengaruh cahaya terhadap kecepatan pertambahan tinggi batang kacang hijau ?”atau “ Apakah cahaya mempengaruhi kecepatan pertambahan tinggi batang kacang hijau ?”
Mengidentifikasi variable berarti memilih dan menentukan factor-faktor yang berpengaruh terhadap suatu persoalan. Di dalam suatu penelitian, factor berpengaruh yang dibuat sama untuk semua perlakuan disebut variable control, sedang factor berpengaruh yang dibuat bervariasi disebut variable bebas / variable manipulatif. Akibat dari perlakuan itu disebut variable terikat./ variable respon.
Contoh : jika rumusan masalahnya adalah : “bagaimana pengaruh cahaya terhadap kecepatan pertambahan tinggi batang jagung “
Maka variable bebasnya adalah cahaya, variable terikatnya adalah kecepatan pertambahan tinggi batang jagung dan variable kontrolnya adalah suhu, jenis jagung, tanah, kelembaban udara, air dll.

@Kegiatan 1.1.2.
Kerjakan dan diskusikan perintah dan permasalahan berikut ini !

1.

Petiklah selembar daun yang sudah anda kenal. Setelah itu observasilah / amatilah cirri-ciri yang dapat diindera, misalnya tentang : warnanya, bentuk ujung daunnya, bentuk tepi daunnya, tingkat kehalusan/kekerasan, panjang / lebar, pola-pola pertulangan daun ( = untuk daun ), serta ; warna tubuh, pembagian tubuh, alat geraknya, tempat hidupnya/habitatnya, ukuran tubuhnya. Kemudian, tuangkan hasil observasi anda dalam bentuk gambar dan keterangan bagian-bagiannya, serta deskripsi tentang cirri-cirinya.

2.
Gambarkan dalam bentuk tabel dan grafik dari data-data berikut ini !
Hasil pengamatan terhadap kupu-kupu yang hinggap di bunga sintetis yang diberi aroma dan diberi warna merah, kuning, putih, serta ungu adalah sbb:
Pk. 08.00 : hinggap di bunga merah 3 ekor, kuning 5 ekor, putih 7 ekor, dan ungu 8 ekor
Pk. 10.00 : hinggap di bunga merah 6 ekor, kuning 6 ekor, putih 2 ekor, dan ungu 8 ekor
Pk. 12.00 : hinggap di bunga merah 6 ekor, kuning 5 ekor, putih 2 ekor, dan ungu 9 ekor
Pk. 14.00 : hinggap di bunga merah 5 ekor, kuning 4 ekor, putih 3 ekor, dan ungu 10 ekor

3.
Sebelum berlari, denyut jantung  Mr.X adalah 70 kali/ menit. Setelah berlari-lari kecil denyut jantungnya menjadi 100 kali/menit. Bagaimana PENAFSIRAN  dari  data tersebut ?

4.
Berdasarkan hasil pengamatan, pertambahan tinggi batang jagung adalah sbb: pada hari ke 5 tingginya 6 cm, pada hari ke-10 tingginya 9 cm, pada hari ke-15 tingginya 14 cm, dan pada hari ke-20 tingginya 18 cm.
Berapa tinggi batang jagung pada hari ke-8, ke-12 dan ke-25 ?

5.
Sebuah penelitian berjudul “ Pengaruh suhu terhadap kecepatan daya tetas telur burung puyuh
Buatlah :
a. rumusan masalah       
b. hipotesis ( jawaban sementara )       
c. variable-variabel bebas, terikat dan kontrol

No comments:

Post a Comment