KOORDINASI ORGAN TUBUH
Kerja normal anggota tubuh, secara tidak kita
rasakan adalah dalam keadaan terkoordinasi dengan baik. Organ yang berfungsi
untuk ini adalah otak kecil ( serebelum
). Tidak hanya masalah koordinasi antara anggota tubuh saja yang diatur
oleh serebelum, tetapi posisi tubuh secara keseluruhan, juga hubungan antara organ tubuh
dengan benda-benda yang ada di luar tubuh.
Lokasi atau tempat bagian-bagian
tubuh kitapun telah “terpetakan” sehingga dapat dikoordinasi dengan anggota
tubuh yang lain. Dengan lain perkataan lokasinya dikenal oleh anggota tubuh
yang lain sehingga bisa dijangkau walaupun tidak dengan pertolongan indera.
Kegiatan berikut ini akan memperkuat hal tersebut !
Alat-alat
yang diperlukan :
- Pensil yang diraut sangat runcing
- Kain penutup mata
- Sendok es sirup ( kecil panjang )
- Sendok makan
- Segelas sirup
@KEGIATAN I
1.
|
Peganglah pensil yang diraut sangat runcing
dengan tangan kiri yang dijulurkan lurus ke depan. ( kedua mata terbuka ).
|
2.
|
Dengan sekali gerak, pertemukan ujung jari
telunjuk kanan dengan ujung pensil tersebut. Gerakkan tangan kanan tidak
langsung ke ujung pensil, tetapi digerakkan ke belakang dulu, lalu naik, dan
akhirnya menuju ke ujung pensil.
|
3.
|
Gerakan adalah spontan dan cepat , bukan
gerakan perlahan-lahan yang mengarah-arah.
|
4.
|
Teman yang lain, mengamati dan mencatat
hasilnya
|
@KEGIATAN II
1.
|
Ulangi kegiatan 1 dengan salah satu mata tertutup. Mula-mula mata kiri,
kemudian diulang lagi dengan mata kanan yang ditutup.
|
2.
|
Dalam kegiatan ini dua orang teman
diharapkan berdiri di depan praktikan. Dan memperhatikan di sebelah manakah
jari tersebut “mendarat”, bila mata kiri tertutup, dan bagimana halnya bila
mata kanan tertutup.
|
3.
|
Catat hasilnya
|
@KEGIATAN III
1.
|
Tutuplah mata praktikan
|
2.
|
Taruhlah kedua tangan di belakang punggung
|
3.
|
Dengan satu gerakan yang spontan pertemukan
kedua ujung jari kiri dan kanan di depan.
|
4.
|
Amati dan catatlah hasilnya !
|
@KEGIATAN IV
1.
|
Tutuplah mata praktikan
|
2.
|
Berikan sendok sirup
|
3.
|
Sendoklah sirup dan dengan spontan
membawanya ke mulut, langsung dan tidak terlalu perlahan.
|
4.
|
Kerjakan seperti di atas dengan menggunakan
sendok makan
|
5.
|
Amati dan catat hasilnya !
|
o Buatlah laporan tertulis dari kegiatan yang
anda lakukan tersebut !
No comments:
Post a Comment