KD.4.3. Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur
ulang limbah
Indicator :
-
membedakan
limbah organic dengan limbah anorganik
-
mengetahui
cara-cara penanganan limbah padat
Limbah merupakan sumber daya alam yang telah
kehilangan/ berkurang fungsinya setelah digunakan oleh manusia atau organisme
lain. Berdasarkan jenisnya, limbah dibedakan menjadi limbah padat, limbah cair dan
limbah gas. Limbah padat lebih dikenal dengan sebutan sampah.
Berdasarkan sifatnya, limbah
padat dibedakan menjadi 2, yaitu :
Limbah organic / sampah organik
Limbah anorganik / sampah anorganik
Limbah anorganik merupakan sampah yang berasal dari sumber daya alam tak terbaharukan (
seperti : mineral, minyak bumi ataupun dari proses industri ) dan sulit / tidak dapat diuraikan secara alami
oleh mikroorganisme pengurai. Sedangkan limbah organic merupakan sampah yang
berasal dari sumber daya alam hayati
( seperti : tumbuhan, hewan atau kegiatan rumah tangga, pertanian, perikanan,
peternakan, dll ) dan dapat terurai secara alami.
Setiap hari, hampir seluruh aktivitas manusia
menimbulkan limbah. Oleh karena itu, apabila penanganan limbah tidak bagus akan
dapat menimbulkan masalah-masalah baru dalam lingkungan. Ada beberapa cara penanganan limbah, terutama
sampah. Pada prinsipnya ada 4 langkah yang dapat dilakukan dalam menangani
limbah, yang lebih dikenal dengan istilah
“ Prinsip 4 R”, yaitu :
·
Reuse ( : menggunakan kembali )
·
Recyle ( :
mendaur ulang )
·
Replace ( :
penempatan kembali )
·
Reduce ( :
mengurangi )
Limbah padat / Sampah apa saja yang sering dihasilkan oleh manusia
setiap hari ? Kegiatan berikut ini akan menunutun anda untuk mengenali
sampah-sampah yang hasilkan oleh manusia dalam keseharian .
Kegiatan
4.3.1.
SAMPAH
Tujuan : -
mengenali jenis-jenis sampah di lingkungan sekitar
Alat dan bahan :
-
sampah ( kaleng, bungkus makanan, kertas, sisa pensil,
daun/ranting, karet, benda dari kaca, botol bekas air mineral, kulit, buah, bungkus
permen, sisa makanan dll )
-
alat tulis
Langkah kerja :
1.
Bentuklah kelompok dalam kelas anda ( 1 kelompok maksimal 5
orang )
2.
Bersama-sama dengan teman satu kelompok, carilah sampah-sampah
yang ada di sekitar kelas anda dan kumpulkan sampah-sampah yang anda dapatkan.
3.
Indentifikasilah jenis-jenis sampah yang anda temukan , mana
yang termasuk limbah organic dan yang termasuk limbah anorganik.
4.
Sajikan hasil kegiatan anda dalam bentuk table berikut ini :
Tabel .
Jenis-jenis limbah padat / sampah di
sekitar sekolah / kelas X
No
|
Nama
benda
|
Jenis
sampah
|
Pemanfaatan
kembali
|
keterangan
|
||
Organik
|
Anorga-nik
|
Dengan
daur ulang
|
Tanpa
daur
ulang
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
..
|
|
|
|
|
|
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
|
àKeterangan bisa diisi
dengan contoh pemanfaatan kembali
5.
Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut ini !
Pertanyaan
:
- Berdasarkan hasil pengamatan, Sebutkan 3 macam benda yang termasuk sampah organic , berikan alasannya !
- Berdasarkan hasil pengamatan, Sebutkan 3 macam benda yang termasuk sampah anorganic , berikan alasannya !
- Berdasarkan hasil pengamatan anda, di mana ditemukan sampah paling banyak ? Mengapa ?
- Berikan masing-masing satu contoh cara menangani limbah atau sampah dengan prinsip 4 R ( reuse, reduce, replace dan recycle ) !
- Apa yang akan anda lakukan ketika mendapati sampah yang ada di sekitar anda ?
N
No comments:
Post a Comment