Friday, December 6, 2013

LKS : Klasifikasi Mahkluk Hidup

Standar Kompetensi 2. : Memahami prinsip-prinsip pengelompokan mahkluk hidup

Apabila kita memperhatikan / mengamati lingkungan sekitar , maka akan kita sadari bahwa selain kita ada  berbagai macam jenis mahkluk hidup ( hewan, tumbuhan , mikroba ) yang menghuni bumi ini bersama-sama kita. Kesemuanya ini di ciptakan Tuhan tidak lain hanyalah untuk manusia dan agar manusia mau berpikir dan memanfaatkannya dalam rangka pengabdian manusia kepada tuhannya.

Lalu bagaimana kita manusia memanfaatkan berbagai macam jenis mahkluk hidup ini ?
Bagaimana caranya ? Untuk mengetahui jawabannya, Mari ..lakukan lah kegiatan berikut ini !

KEGIATAN 1
1. Bacalah dengan seksama info berikut ini !

KLASIFIKASI
( PENGELOMPOKAN MAHKLUK HIDUP )

Untuk dapat memanfaatkan berbagai macam jenis mahkluk hidup yang ada di bumi ini, terlebih dahulu manusia harus mengenali kemudian mengolongkan berbagai jenis mahkluk hidup tersebut. Berawal dari sinilah para saintis kemudian mengembangkan suatu cabang biologi yang kita kenal dengan nama taksonomi. Taksonomi ini sendiri mencakup tiga hal yaitu :
  1. Identifikasi, yaitu : cara pengenalan suatu jenis mahkluk hidup
  2. Tata nama, yaitu : cara pemberian nama ilmiah sesuai dengan consensus internasional
  3. Klasifikasi, yaitu : cara-cara pengelompokan / penggolongan mahkluk hidup
Dengan melakukan ketiga langkah  : identifikasi – memberi nama – mengklasifikasi, maka manusia akan lebih mudah mempelajari tentang mahkluk hidup.

Identifikasi menyangkut pengenalan ciri-ciri suatu mahkluk hidup yang dapat diindera. Bila ciri-ciri sudah dikenali maka mahkluk hidup tersebut akan diberi nama ilmiah sesuai dengan ketentuan internasional,yaitu system tata nama binomial ( binomial Nomenclature ) yang berlaku. 
Contoh : 
1. Nama ilmiah manusia adalah Homo sapiens atau Homo sapiens atau Homo sapiens
2. Nama ilmiah padi adalah Oryza sativa atau Oryza sativa  atau Oryza sativa

Tahap selanjutnya adalah mengklasifikasi / menggolongkan berbagai mahkluk hidup dengan dasar-dasar tertentu. Pada prinsipnya, klasifikasi didasarkan pada  banyaknya persamaan dan perbedaan di antara mahkluk hidup. Banyak sedikitnya persamaan akan menentukan tingkatan takson. Semakin tinggi tingkatan takson, semakin besar perbedaan diantara anggota-anggotanya, dan sebaliknya.

Tingkatan takson dalam pengklasifikasian mahkluk hidup terlihat dalam bagan  berikut ini , dimana species adalah tingkat takson yang paling rendah dan menunjukkan sedikitnya perbedaan di antara 2 individu mahkluk hidup :

KEGIATAN 2
           1.  Amati berbagai jenis biji yang anda bawa. Kupaslah kulit bijinya, amati adakah biji tersebut                  memiliki belahan [ terbelah secara alami menjadi 2 bagian atau lebih. Catat hasil temuan anda                ke dalam table seperti berikut !
           Tabel 1.1. Berbagai jenis biji tumbuhan berbiji dan jumlah belahannya
No
Nama jenis
Jumlah belahan
keterangan
Satu
Dua / lebih
1




2




3





2. Berdasarkan table 1.1. buatlah pengelompokkan sederhana terhadap biji-biji tersebut dan jelaskan apa dasar yang anda gunakan dalam pengelompokan tersebut !
2.                           3. Buat tabel perbandingan persamaan dan perbedaan ciri-ciri ayam, burung merpati, kucing               dan kambing. Kemudian :
    1. Kelompokkan mahkluk hidup tersebut berdasarkan persamaan ciri-cirinya !
    2. Apa dasar yang anda gunakan dalam pengelompokkan tersebut ?
selamat berlatih


No comments:

Post a Comment